Selamat Datang di blog ARSIP ADM, Blog Sharing Jelajah Informasi Dunia Pendidikan, Regulasi, Administrasi Pendidikan, Metode dan Model Pembelajaran, Juknis, sertifikasi, guru, PNS, PPG, PPPK, Permendikbud, Permenpan, Permendagri, Soal latihan, US, UAS, AKM, AKG, Ujian Sekolah, Teknologi pendidikan, Jelajah Info Pendidikan dll.

Kunci Jawaban PPA UMUM 3 | PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu

Soal 1 dari 5

Anda adalah guru matematika yang akan mengajarkan materi perkalian bilangan ratusan. Saat memberikan soal, hanya sebagian kecil peserta didik yang menyelesaikannya dengan benar. Setelah asesmen lebih lanjut, ternyata beberapa peserta didik baru bisa melakukan perkalian bilangan puluhan, bahkan ada yang belum hafal perkalian bilangan satuan. Apa tindakan prioritas Anda?

Jawaban dan Bobot Nilai

  • Memastikan kemampuan perkalian peserta didik sebelum memberikan soal-soal: 5
  • Memberikan soal-soal latihan sesuai dengan kemampuan matematika setiap peserta didik: 4
  • Tetap mengajarkan perkalian bilangan ratusan namun secara perlahan agar semua peserta didik paham: 3
  • Memaklumi bila soal latihan yang diberikan hanya dapat diselesaikan oleh peserta didik yang mampu: 2
  • Hanya memberikan soal latihan bilangan ratusan kepada peserta didik yang mampu: 1

Soal 2 dari 5
Anda adalah guru Bahasa Inggris kelas 12. Saat mengevaluasi tugas makalah peserta didik di semester lalu, Anda merasa kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris perlu diasah lebih lanjut. Kemampuan ini akan dibutuhkan di jenjang berikutnya, namun Anda belum memiliki asesmen apapun terkait kemampuan menulis tersebut. Apa yang akan Anda lakukan?

Jawaban dan Bobot Nilai

  • Memberikan tugas menulis jurnal mingguan agar progres kemampuan lebih terlihat: 5
  • Menugaskan esai panjang saat Sumatif Akhir Semester (SAS): 4
  • Membuat ujian tulis dengan pertanyaan singkat: 3
  • Memikirkan strategi asesmen yang paling relevan: 2
  • Menggunakan asesmen yang selama ini digunakan: 1

Soal 3 dari 5
Anda mengetahui adanya dua suku yang sama-sama dominan di kelas Anda. Kedua kelompok ini sering terlibat konflik, baik secara sengaja maupun tidak, sehingga mengganggu proses pembelajaran. Beberapa kali Anda berusaha memediasi, namun prasangka yang tinggi antar kelompok membuat kondisi tidak membaik. Apa yang akan Anda lakukan?

Jawaban dan Bobot Nilai

  • Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar kedua suku tersebut dan memberikan tugas kolaboratif: 5
  • Meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan kasus-kasus relevan: 4
  • Menyisipkan cerita tentang dampak negatif prasangka di sela-sela penyampaian materi: 3
  • Memikirkan ide aktivitas pembelajaran tertentu yang dapat memediasi dua kelompok tersebut: 2
  • Menyampaikan materi dan mendampingi belajar tanpa memikirkan situasi tersebut: 1

Soal 4 dari 5
Anda ditunjuk untuk melatih ekstrakurikuler menari di sekolah dan sedang mempersiapkan peserta didik untuk tampil di festival budaya kabupaten. Namun, peserta didik memiliki kemampuan tari yang berbeda-beda, sehingga Anda bingung menentukan aktivitas yang sesuai saat latihan. Apa yang Anda lakukan?

Jawaban dan Bobot Nilai

  • Meminta bantuan peserta didik yang lebih mahir untuk melatih temannya yang belum mahir dalam gerakan tertentu: 5
  • Mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya dan memberikan latihan khusus untuk tiap kelompok: 4
  • Mengatur urutan latihan dari yang paling sulit sampai yang paling mudah: 3
  • Memikirkan variasi aktivitas untuk melatih berbagai tingkat kemampuan menari peserta didik: 2
  • Tetap menggunakan rutinitas latihan biasa dan mengharapkan semua peserta didik dapat mengikutinya: 1

Soal 5 dari 5
Berdasarkan asesmen, Anda mengetahui bahwa sebagian peserta didik di kelas memiliki gaya belajar visual, sementara sebagian lainnya auditori. Anda merasa perbedaan ini menjadi tantangan karena terbiasa mengelola kelas yang lebih homogen. Apa prioritas tindakan Anda?

Jawaban dan Bobot Nilai

  • Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai media seperti teks, video, dan presentasi lisan: 5
  • Membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil berdasarkan gaya belajar mereka: 4
  • Merencanakan aktivitas yang memungkinkan tiap peserta didik bekerja secara individual sesuai gaya belajar: 3
  • Memikirkan metode pengajaran yang tidak hanya mengandalkan satu jenis media: 2
  • Mengusulkan kepada koordinator kelas untuk lebih homogen dalam membagi kelas: 1

 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PPA UMUM 3 | PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu"