Selamat Datang di blog ARSIP ADM, Blog Sharing Jelajah Informasi Dunia Pendidikan, Regulasi, Administrasi Pendidikan, Metode dan Model Pembelajaran, Juknis, sertifikasi, guru, PNS, PPG, PPPK, Permendikbud, Permenpan, Permendagri, Soal latihan, US, UAS, AKM, AKG, Ujian Sekolah, Teknologi pendidikan, Jelajah Info Pendidikan dll.

Kunci Jawaban ABK 1 : PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu

Soal 1: Anda adalah guru di kelas inklusi. Saat mengajarkan materi geografi, Anda memerlukan media bantu untuk beberapa peserta didik berkebutuhan khusus. Namun, pengajuan kebutuhan sarana belajar yang Anda sampaikan pada pimpinan sekolah tidak ditindaklanjuti. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN BOBOT NILAI

  • Membuat media belajar dari bahan daur ulang untuk membantu peserta didik berkebutuhan khusus memahami konsep-konsep geografi secara optimal 5
  • Mencari bahan-bahan yang tersedia untuk membuat alternatif media bantu agar proses belajar peserta didik berkebutuhan khusus tetap berjalan dengan baik 4
  • Memikirkan kemungkinan media lain sebagai pengganti sarana belajar yang diusulkan untuk peserta didik berkebutuhan khusus 3
  • Berkonsultasi kepada senior yang pernah mengajar materi geografi pada peserta didik berkebutuhan khusus untuk memperoleh masukan mengatasi keterbatasan media bantu ini 2
  • Menggunakan media yang biasa digunakan sebelumnya, dengan harapan peserta didik berkebutuhan khusus tetap dapat mengikuti proses belajar sebagaimana peserta didik yang lain 1

Soal 2: Sudah satu minggu Anda diminta mengajar di satu kelas yang belum pernah Anda masuki. Tidak ada informasi spesifik tentang kondisi peserta didik di dalamnya, namun Anda melihat ada lebih dari tiga peserta didik yang selalu kesulitan mengikuti pelajaran, serta satu peserta didik yang menunjukkan pola perilaku berbeda saat berinteraksi dengan teman yang lain. Sebagai guru, apa tindakan yang Anda prioritaskan ketika menemui situasi tersebut?

JAWABAN BOBOT NILAI

  • Menyesuaikan kembali rancangan pembelajaran untuk lebih memfasilitasi keragaman kondisi peserta didik 5
  • Mendiskusikannya dengan guru lain untuk mendapatkan masukan tentang aktivitas belajar yang lebih sesuai 4
  • Mempertimbangkan penyesuaian kegiatan belajar untuk peserta didik yang kondisinya berbeda 3
  • Mencoba mengamati lebih lanjut perbedaan kondisi peserta didik untuk mendapatkan data yang lebih lengkap 2
  • Memahami hal tersebut sebagai bagian dari keragaman kondisi kelas dan melaksanakan pembelajaran seperti biasa 1

Soal 3: Terjadi kasus perundungan di kelas Anda yang membuat seorang peserta didik berkebutuhan khusus takut untuk kembali ke sekolah. Sebelumnya, ia dikenal sebagai peserta didik yang rajin dan bersemangat. Sebagai wali kelas, Anda sudah menemuinya, namun tetap tidak berhasil membujuk. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN BOBOT NILAI

  • Meminta bantuan konselor atau psikolog untuk melakukan pendampingan pada peserta didik tersebut 5
  • Meminta petunjuk pada konselor sekolah tentang hal-hal yang harus dilakukan 4
  • Mencoba kembali menemui dan mengajak peserta didik tersebut untuk kembali bersekolah di waktu lain 3
  • Meminta orang tua peserta didik tersebut untuk terus membujuk agar mau ke sekolah 2
  • Memberikan waktu kepada peserta didik tersebut untuk menenangkan diri 1

Soal 4: Pada peralihan semester ini, Anda ditugaskan untuk mengelola sebuah kelas inklusif. Terdapat empat orang peserta didik berkebutuhan khusus: dua dengan disleksia dan dua lainnya dengan disabilitas intelektual. Data dari BK menunjukkan bahwa keempat peserta didik ini memiliki gaya belajar kinestetik. Di sisi lain, Anda belum memiliki pengalaman mengajar di kelas inklusif, sehingga merasa kesulitan dalam menentukan rencana pembelajaran. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN BOBOT NILAI

  • Merencanakan aktivitas belajar di dalam kelompok yang melibatkan gerakan fisik dan praktik langsung 5
  • Memperkenalkan materi dengan aktivitas yang menggunakan gerakan tangan, kaki, dan tubuh 4
  • Mencoba membuat kegiatan pembelajaran yang tidak terlalu banyak duduk untuk memfasilitasi kebutuhan mereka 3
  • Memikirkan rencana pembelajaran yang dapat mengakomodir gaya belajar kinestetik peserta didik berkebutuhan khusus 2
  • Menggunakan rencana pembelajaran yang sama seperti kelas-kelas di semester sebelumnya 1

Soal 5: Anda adalah guru baru yang mengajar bahasa asing di sebuah kelas inklusif. Menjelang penilaian tengah semester, waktu Anda untuk menyiapkan soal cukup terbatas, sementara beberapa peserta didik memiliki kebutuhan khusus yang membuat kemampuan berbahasanya tidak selalu tampak dari satu metode evaluasi yang sama. Apa tindakan yang Anda prioritaskan ketika menemui situasi tersebut?

JAWABAN BOBOT NILAI

  • Membuat variasi soal atau model penilaian dengan memperhatikan tingkat kemampuan bahasa peserta didik 5
  • Mencari referensi alternatif model penilaian yang bisa digunakan untuk peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan bahasa 4
  • Memikirkan kemungkinan jenis soal yang berbeda yang lebih sesuai untuk peserta didik berkebutuhan khusus 3
  • Berkonsultasi kepada guru yang lebih dulu mengelola peserta didik di kelas tersebut untuk memperoleh masukan 2
  • Menggunakan soal yang sama untuk seluruh peserta didik agar nantinya dapat dievaluasi perbedaan capaiannya 1

 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban ABK 1 : PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu"