Kunci Jawaban ABK 1 : PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu
Soal 1: Anda adalah guru di kelas inklusi. Saat mengajarkan materi geografi, Anda memerlukan media bantu untuk beberapa peserta didik berkebutuhan khusus. Namun, pengajuan kebutuhan sarana belajar yang Anda sampaikan pada pimpinan sekolah tidak ditindaklanjuti. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
JAWABAN BOBOT NILAI
- Membuat
media belajar dari bahan daur ulang untuk membantu peserta didik
berkebutuhan khusus memahami konsep-konsep geografi secara optimal 5
- Mencari
bahan-bahan yang tersedia untuk membuat alternatif media bantu agar proses
belajar peserta didik berkebutuhan khusus tetap berjalan dengan baik 4
- Memikirkan
kemungkinan media lain sebagai pengganti sarana belajar yang diusulkan
untuk peserta didik berkebutuhan khusus 3
- Berkonsultasi
kepada senior yang pernah mengajar materi geografi pada peserta didik
berkebutuhan khusus untuk memperoleh masukan mengatasi keterbatasan media
bantu ini 2
- Menggunakan
media yang biasa digunakan sebelumnya, dengan harapan peserta didik
berkebutuhan khusus tetap dapat mengikuti proses belajar sebagaimana
peserta didik yang lain 1
Soal 2: Sudah satu minggu Anda diminta mengajar di
satu kelas yang belum pernah Anda masuki. Tidak ada informasi spesifik tentang
kondisi peserta didik di dalamnya, namun Anda melihat ada lebih dari tiga
peserta didik yang selalu kesulitan mengikuti pelajaran, serta satu peserta
didik yang menunjukkan pola perilaku berbeda saat berinteraksi dengan teman
yang lain. Sebagai guru, apa tindakan yang Anda prioritaskan ketika menemui
situasi tersebut?
JAWABAN BOBOT NILAI
- Menyesuaikan
kembali rancangan pembelajaran untuk lebih memfasilitasi keragaman kondisi
peserta didik 5
- Mendiskusikannya
dengan guru lain untuk mendapatkan masukan tentang aktivitas belajar yang
lebih sesuai 4
- Mempertimbangkan
penyesuaian kegiatan belajar untuk peserta didik yang kondisinya berbeda 3
- Mencoba
mengamati lebih lanjut perbedaan kondisi peserta didik untuk mendapatkan
data yang lebih lengkap 2
- Memahami
hal tersebut sebagai bagian dari keragaman kondisi kelas dan melaksanakan
pembelajaran seperti biasa 1
Soal 3: Terjadi kasus perundungan di kelas Anda yang
membuat seorang peserta didik berkebutuhan khusus takut untuk kembali ke
sekolah. Sebelumnya, ia dikenal sebagai peserta didik yang rajin dan
bersemangat. Sebagai wali kelas, Anda sudah menemuinya, namun tetap tidak
berhasil membujuk. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
JAWABAN BOBOT NILAI
- Meminta
bantuan konselor atau psikolog untuk melakukan pendampingan pada peserta
didik tersebut 5
- Meminta
petunjuk pada konselor sekolah tentang hal-hal yang harus dilakukan 4
- Mencoba
kembali menemui dan mengajak peserta didik tersebut untuk kembali
bersekolah di waktu lain 3
- Meminta
orang tua peserta didik tersebut untuk terus membujuk agar mau ke sekolah
2
- Memberikan
waktu kepada peserta didik tersebut untuk menenangkan diri 1
Soal 4: Pada peralihan semester ini, Anda ditugaskan
untuk mengelola sebuah kelas inklusif. Terdapat empat orang peserta didik
berkebutuhan khusus: dua dengan disleksia dan dua lainnya dengan disabilitas
intelektual. Data dari BK menunjukkan bahwa keempat peserta didik ini memiliki
gaya belajar kinestetik. Di sisi lain, Anda belum memiliki pengalaman mengajar
di kelas inklusif, sehingga merasa kesulitan dalam menentukan rencana
pembelajaran. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
JAWABAN BOBOT NILAI
- Merencanakan
aktivitas belajar di dalam kelompok yang melibatkan gerakan fisik dan
praktik langsung 5
- Memperkenalkan
materi dengan aktivitas yang menggunakan gerakan tangan, kaki, dan tubuh 4
- Mencoba
membuat kegiatan pembelajaran yang tidak terlalu banyak duduk untuk
memfasilitasi kebutuhan mereka 3
- Memikirkan
rencana pembelajaran yang dapat mengakomodir gaya belajar kinestetik
peserta didik berkebutuhan khusus 2
- Menggunakan
rencana pembelajaran yang sama seperti kelas-kelas di semester sebelumnya
1
Soal 5: Anda adalah guru baru yang mengajar bahasa
asing di sebuah kelas inklusif. Menjelang penilaian tengah semester, waktu Anda
untuk menyiapkan soal cukup terbatas, sementara beberapa peserta didik memiliki
kebutuhan khusus yang membuat kemampuan berbahasanya tidak selalu tampak dari
satu metode evaluasi yang sama. Apa tindakan yang Anda prioritaskan ketika
menemui situasi tersebut?
JAWABAN BOBOT NILAI
- Membuat
variasi soal atau model penilaian dengan memperhatikan tingkat kemampuan
bahasa peserta didik 5
- Mencari
referensi alternatif model penilaian yang bisa digunakan untuk peserta
didik berkebutuhan khusus dengan hambatan bahasa 4
- Memikirkan
kemungkinan jenis soal yang berbeda yang lebih sesuai untuk peserta didik
berkebutuhan khusus 3
- Berkonsultasi
kepada guru yang lebih dulu mengelola peserta didik di kelas tersebut
untuk memperoleh masukan 2
- Menggunakan
soal yang sama untuk seluruh peserta didik agar nantinya dapat dievaluasi
perbedaan capaiannya 1
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban ABK 1 : PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu"