Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Selamat Datang di blog ARSIP ADM, Blog Sharing Jelajah Informasi Dunia Pendidikan, Regulasi, Administrasi Pendidikan, Metode dan Model Pembelajaran, Juknis, sertifikasi, guru, PNS, PPG, PPPK, Permendikbud, Permenpan, Permendagri, Soal latihan, US, UAS, AKM, AKG, Ujian Sekolah, Teknologi pendidikan, Jelajah Info Pendidikan dll.

5 Pulau-pulau Besar yang ada di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak pulau. Pulau-pulau yang ada di Indonesia dapat mencapai 17.000 pulau, yang terdiri dari pulau besar dan kecil.

Salah satu pulau besar di Indonesia termasuk dalam pulau terbesar di dunia sedangkan pulau kecil di Indonesia ada yang berpenghuni dan tidak.

Pulau-pulau yang ada di Indonesia juga membuat Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah.

Selain kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki keindahan alami, sehingga tidak jarang pulau-pulau di Indonesia menjadi rebutan negara tetangga.

Untuk pulau-pulau besar di Indonesia sering disebut dengan sunda besar yang terdiri dari lima pulau, yaitu:

1. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera menjadi pulau ketiga terbesar di Indonesia dan berada di urutan ke enam pulau terbesar di dunia dengan luas pulau sekitar 473.481 meter persegi.

Pulau Sumatera terletak di ujung barat wilayah Indonesia dan berbentuk memanjang dari utara ke selatan.Selain flora, fauna dan barang tambang, Pulau Sumatera terkenal akan hasil kebunnya yang sudah banyak diekspor ke berbagai macam negara.

Hasil kebun yang terkenal di Pulau Sumatera, yaitu kopi dan sawit.Di bagian barat Pulau Sumatra terbentang Pegunungan Bukit Barisan yang membujur dari barat laut ke arah tenggara dengan terdapat puluhan gunung yang aktif maupun tidak.


2. Pulau Jawa

Pulau Jawa merupakan pulau terbesar ke lima di Indonesia dan berada di urutan ke tiga belas di dunia dengan luas wilayah sekitar 138.793,6 meter persegi.

Letak Pulau Jawa berada di sebelah timur Pulau Sumatera, di sebelah selatan Pulau Kalimantan dan di sebelah barat Pulau Bali.Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang paling padat penduduknya dengan kepadatan sekitar 1.317 jiwa/km persegi.Menjadikan total penduduk di Indonesia yang tinggal di Pulau Jawa sebanyak 60%.

Hal tersebut juga didukung dengan sebagian besar orang-orang penting atau yang memiliki peran dalam pemerintah Indonesia berasal dan tinggal di Pulau Jawa dan merupakan pusat dari pemerintahan Indonesia.


3. Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan atau yang juga dikenal sebagai Borneo menjadi pulau terbesar kedua di Indonesia dan berada di urutan ketiga terbesar di dunia.

Luas Pulau Kalimantan sekitar 743.330 meter persegi, tidak hanya ditempati oleh negara Indonesia, namun ditempati juga oleh beberapa negara lain, yaitu Malaysia dan Brunei Darussalan.

Pulau Kalimantan terletak di sebelah utara Pulau Jawa, di sebelah timur Selat malaka dan di sebelah barat Pulau Sulawesi.

Pulau Kalimantan memiliki sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas dengan panjang 1.143 kilometer dan memiliki banyak hutan hujan tropis.

Selain itu, Pulau Kalimantan juga terdapat berbagai macam barang tambang, salah satunya yaitu Intan.


4. Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi menjadi pulau ke empat terbesar di Indonesia dan berada di urutan ke sebelas pulau terbesar di dunia dengan luas wilayah sekitar 180.860,7 kilometer persegi.

Pulau Sulawesi terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan dan di sebelah Barat Kepulauan Maluku.Pulau Sulawesi terkenal akan kekayaan alamnya dan menjadi salah satu pusat dari rempah-rempah.Pulau Sulawesi Juga berperan banyak dalam perdagangan di Indonesia.


5. Pulau Papua

Pulau Papua menjadi pulau terbesar di Indonesia dan berada diperingkat kedua pulau terbesar menurut wikipedia dengan luas sekitar 785.753 meter persegi.

Pulau Papua terbagi menjadi dua negara yaitu, Papua Indonesia dan Papua Nugini. Letak Papua Indonesia berada di paling ujung timur wilayah Indonesia dengan penduduk sekitar 14 jiwa/km persegi. Pulau Papua sendiri terkenal sangat eksotis karena masih belum banyak tersentuh kemodernan dan kental akan nilai tradisionalnya.

Selain itu, Pulau Papua juga terkenalkan akan kekayaan tambang emasnya. Perusahaan besar dan terkenal yang bergerak dalam bidang tambang, yaitu PT. Freeport yang juga berkontribusi dalam kemajuan perekonomian Indonesia.

Pulau-pulau yang ada di Indonesia 

Posting Komentar untuk "5 Pulau-pulau Besar yang ada di Indonesia "