Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Selamat Datang di blog ARSIP ADM, Blog Sharing Jelajah Informasi Dunia Pendidikan, Regulasi, Administrasi Pendidikan, Metode dan Model Pembelajaran, Juknis, sertifikasi, guru, PNS, PPG, PPPK, Permendikbud, Permenpan, Permendagri, Soal latihan, US, UAS, AKM, AKG, Ujian Sekolah, Teknologi pendidikan, Jelajah Info Pendidikan dll.

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 Kb 1– Pedagogik : Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif   Modul 1 – Pedagogik : Konsep Dasar Ilmu Pendidik KB 1
Dalam Modul 1 – Pedagogik : Konsep Dasar Ilmu Pendidik, Anda akan mempelajari mengenai konsep dasar ilmu pendidikan. Setelah mempelajari Modul 1 ini, secara umum Anda diharapkan mampu menerapkan konsep dasar ilmu pendidikan untuk mendukung tugas sebagai pendidik profesional.

CAPAIAN PEMBELAJARAN
Modul 1  – Pedagogik : Konsep Dasar Ilmu Pendidik KB 1 ini membahas materi tentang Konsep Dasar, Rasional, dan Landasan Ilmu Pendidikan. Materi tersebut diuraikan secara rinci agar dapat memfasilitasi Anda dalam upaya mencapai kemampuan menerapkan berbagai landasan ilmu pendidikan dalam praktik pendidikan untuk mendukung tugas Anda sebagai pendidik yang memesona yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian.

SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
Adapun sub capaian pembelajaran untuk mendukung capaian pembelajaran tersebut di atas adalah:
  • Menjelaskan konsep dasar dan rasional perlunya landasan pendidikan sebagai dasar dalam praktik pendidikan.
  • Menjelaskan berbagai landasan ilmu pendidikan
  • Menerapkan berbagai landasan ilmu pendidikan dalam praktik pendidikan
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif   Modul 1 – Pedagogik : Konsep Dasar Ilmu Pendidik KB 1

1. Berikut ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia adalah...
a. Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi perkembangan peserta didik
b. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat
c. Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya
d. Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri
Jawaban : A

2. Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong ke dalam praktik pendidikan adalah...
a. Ibu Heni dan pak didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan
b. Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan
c. Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar
d. Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila
Jawaban : B

3. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah....
a. Pancasila dan UUD 1945
b. Kurikulum dan silabus
c. Kerangkaberfikir
d. Desain bangunan
e. Tujuan pendidikan
Jawaban : A

4. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas perkembangan peserta didik. Oleh karenanya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada landasan....
a. Religi pendidikan
b. Sosiologipendidikan
c. Ilmu pengetahuan dan Teknologi
d. Ekonomi pendidikan
e. Psikologi pendidikan
Jawaban : E

5. Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut adalah....
a. Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya
b. Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME
c. Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya
d. Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri
e. Orang tua memberi contoh pada anak untuk tidak melakukan diskriminasi pada siapapun
Jawaban : C

6. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak...
a. Kedisiplinan dan tanggung jawab
b. Hak dan kewajiban
c. Kejujuran dan Tenggang rasa
d. Kejujuran dan toleransi
e. Gotong royong dan tangung jawab
Jawaban : A

7. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan manusia (peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa manusia atau peserta didik adalah...
a. Makhluk religius yang diciptakan oleh Tuhan
b. Pribadi yang berkembang dan berakal
c. Manusia merupakan makhluk otonom
d. Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain
e. Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk
Jawaban : C

8. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah
a. Meningkatkanperkembanganpolapikirdanpolakerjapendidiktentang ?bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan ?
b. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang ?tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas ?
c. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang ?berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan ?
d. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang ?peserta didik sebagai pribadi yang unik ?
e. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan ?peserta didik ?
Jawaban : A

9. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran....
a. Rekonstuksionisme
b. Perenialisme
c. Behavioristik
d. Esesnialisme
e. Humanisme
Jawaban : C

10. Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh
a. Landasan yuridis
b. Landasan psikologis
c. Landasan sosilogis
d. Landasan religius
e. Landasan historis
Jawaban : D

Demikian Informasi tentang Kunci Jawaban Tes Formatif  Modul 1 – Pedagogik : Konsep Dasar Ilmu Pendidik KB 1
Semoga bermanfaat,

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 Kb 1– Pedagogik : Konsep Dasar Ilmu Pendidik"