Kunci Jawaban ABK 3 : PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu
Soal 1
Situasi: Peserta didik berkebutuhan khusus yang tidak
suka membaca tetapi antusias mendengarkan cerita.
Jawaban:
- Menyusun
kegiatan pembelajaran dengan diskusi dalam kelompok kecil agar peserta
didik dapat mengekspresikan ide-ide mereka.
Bobot Nilai: 5 - Pada
materi-materi tertentu, ada aktivitas membaca dengan keras untuk memenuhi
kebutuhan peserta didik.
Bobot Nilai: 4 - Mencoba
mengidentifikasi materi-materi yang dapat direkam untuk dapat diakses oleh
peserta didik.
Bobot Nilai: 3 - Memikirkan
kemungkinan penyesuaian rencana pembelajaran dengan adanya karakteristik
peserta didik berkebutuhan khusus itu.
Bobot Nilai: 2 - Menggunakan
rencana pembelajaran semester lalu yang sudah berjalan dengan baik.
Bobot Nilai: 1
Soal 2
Situasi: Diskusi di forum guru tentang tantangan
dalam pengelolaan kelas inklusi.
Jawaban:
- Menyampaikan
kesediaan pada forum untuk berbagi lebih banyak informasi tentang
bagaimana mengelola proses belajar di kelas inklusif.
Bobot Nilai: 5 - Menyampaikan
garis besar informasi tentang berbagai penyesuaian yang perlu segera
dilakukan agar kelas lebih inklusif.
Bobot Nilai: 4 - Menyarankan
kepada sejawat dalam forum guru untuk berdiskusi lebih banyak dan saling
berbagi pengalaman tentang proses pembelajaran kelas inklusif.
Jawaban Anda: 3 - Menyatakan
perlunya memperdalam pemahaman tentang bagaimana mengelola kelas yang
lebih inklusif untuk semua peserta didik.
Bobot Nilai: 2 - Tidak
terbawa oleh kebingungan rekan guru yang lain dan tetap berprinsip
melakukan tugas guru di kelas semampu yang bisa dilakukan.
Bobot Nilai: 1
Soal 3
Situasi: Peserta didik berkebutuhan khusus
menunjukkan perubahan perilaku emosional.
Jawaban:
- Meminta
bantuan konselor atau psikolog untuk melakukan pendampingan pada peserta
didik tersebut.
Bobot Nilai: 5 - Meminta
petunjuk pada guru BK atau konselor sekolah tentang hal-hal yang harus
dilakukan.
Bobot Nilai: 4 - Menyampaikan
persoalan ini kepada pimpinan sekolah agar mendapatkan saran tindak lanjut
yang lebih efektif.
Bobot Nilai: 3 - Memikirkan
berbagai penanganan yang dapat dilakukan agar perilaku peserta didik
tersebut kembali kooperatif.
Bobot Nilai: 2 - Memberikan
jeda bagi peserta didik tersebut untuk menenangkan diri dengan tidak masuk
sekolah sementara waktu.
Bobot Nilai: 1
Soal 4
Situasi: Peserta didik dengan disabilitas penglihatan
sangat sensitif terhadap cahaya dan warna.
Jawaban:
- Menyesuaikan
pengaturan visual tayangan agar lebih efektif membantu belajar para
peserta didik dengan keterbatasan penglihatan.
Bobot Nilai: 5 - Mencari
informasi lebih lanjut tentang bagaimana membuat tayangan yang tepat untuk
media belajar peserta didik low vision.
Bobot Nilai: 4 - Mempertimbangkan
untuk menyesuaikan tayangan yang sudah disiapkan agar lebih membantu
memberikan penjelasan.
Bobot Nilai: 3 - Mencari
masukan sejawat guru yang lebih berpengalaman di kelas yang memiliki
peserta didik dengan kekhususan serupa.
Bobot Nilai: 2 - Menggunakan
tayangan yang sudah disiapkan dan bersiap memberikan penjelasan dengan
pelan-pelan.
Jawaban Anda: 1
Soal 5
Situasi: Evaluasi tertulis tidak memungkinkan untuk
peserta didik yang sangat aktif bergerak.
Jawaban:
- Menyusun
sebuah metode evaluasi yang dapat mengetahui pemahaman peserta didik meski
sambil beraktivitas secara fisik.
Bobot Nilai: 5 - Mencari
alternatif soal-soal singkat yang tidak membutuhkan waktu penyelesaian
yang lama.
Bobot Nilai: 4 - Memikirkan
kemungkinan instrumen evaluasi yang lebih sesuai dengan karakteristik
peserta didik yang sangat aktif bergerak tersebut.
Bobot Nilai: 3 - Menanyakan
kepada guru lain yang lebih senior mengelola kelas tersebut untuk meminta
pendapat.
Bobot Nilai: 2 - Menggunakan
instrumen evaluasi yang sama untuk semua peserta didik, karena jumlah yang
berkebutuhan khusus jauh lebih sedikit.
Bobot Nilai: 1
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban ABK 3 : PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu"