Selamat Datang di blog ARSIP ADM, Blog Sharing Jelajah Informasi Dunia Pendidikan, Regulasi, Administrasi Pendidikan, Metode dan Model Pembelajaran, Juknis, sertifikasi, guru, PNS, PPG, PPPK, Permendikbud, Permenpan, Permendagri, Soal latihan, US, UAS, AKM, AKG, Ujian Sekolah, Teknologi pendidikan, Jelajah Info Pendidikan dll.

Kunci Jawaban ABK 3 : PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu

Soal 1

Situasi: Peserta didik berkebutuhan khusus yang tidak suka membaca tetapi antusias mendengarkan cerita.
Jawaban:

  • Menyusun kegiatan pembelajaran dengan diskusi dalam kelompok kecil agar peserta didik dapat mengekspresikan ide-ide mereka.
    Bobot Nilai: 5
  • Pada materi-materi tertentu, ada aktivitas membaca dengan keras untuk memenuhi kebutuhan peserta didik.
    Bobot Nilai: 4
  • Mencoba mengidentifikasi materi-materi yang dapat direkam untuk dapat diakses oleh peserta didik.
    Bobot Nilai: 3
  • Memikirkan kemungkinan penyesuaian rencana pembelajaran dengan adanya karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus itu.
    Bobot Nilai: 2
  • Menggunakan rencana pembelajaran semester lalu yang sudah berjalan dengan baik.
    Bobot Nilai: 1

Soal 2

Situasi: Diskusi di forum guru tentang tantangan dalam pengelolaan kelas inklusi.
Jawaban:

  • Menyampaikan kesediaan pada forum untuk berbagi lebih banyak informasi tentang bagaimana mengelola proses belajar di kelas inklusif.
    Bobot Nilai: 5
  • Menyampaikan garis besar informasi tentang berbagai penyesuaian yang perlu segera dilakukan agar kelas lebih inklusif.
    Bobot Nilai: 4
  • Menyarankan kepada sejawat dalam forum guru untuk berdiskusi lebih banyak dan saling berbagi pengalaman tentang proses pembelajaran kelas inklusif.
    Jawaban Anda: 3
  • Menyatakan perlunya memperdalam pemahaman tentang bagaimana mengelola kelas yang lebih inklusif untuk semua peserta didik.
    Bobot Nilai: 2
  • Tidak terbawa oleh kebingungan rekan guru yang lain dan tetap berprinsip melakukan tugas guru di kelas semampu yang bisa dilakukan.
    Bobot Nilai: 1

Soal 3

Situasi: Peserta didik berkebutuhan khusus menunjukkan perubahan perilaku emosional.
Jawaban:

  • Meminta bantuan konselor atau psikolog untuk melakukan pendampingan pada peserta didik tersebut.
    Bobot Nilai: 5
  • Meminta petunjuk pada guru BK atau konselor sekolah tentang hal-hal yang harus dilakukan.
    Bobot Nilai: 4
  • Menyampaikan persoalan ini kepada pimpinan sekolah agar mendapatkan saran tindak lanjut yang lebih efektif.
    Bobot Nilai: 3
  • Memikirkan berbagai penanganan yang dapat dilakukan agar perilaku peserta didik tersebut kembali kooperatif.
    Bobot Nilai: 2
  • Memberikan jeda bagi peserta didik tersebut untuk menenangkan diri dengan tidak masuk sekolah sementara waktu.
    Bobot Nilai: 1

Soal 4

Situasi: Peserta didik dengan disabilitas penglihatan sangat sensitif terhadap cahaya dan warna.
Jawaban:

  • Menyesuaikan pengaturan visual tayangan agar lebih efektif membantu belajar para peserta didik dengan keterbatasan penglihatan.
    Bobot Nilai: 5
  • Mencari informasi lebih lanjut tentang bagaimana membuat tayangan yang tepat untuk media belajar peserta didik low vision.
    Bobot Nilai: 4
  • Mempertimbangkan untuk menyesuaikan tayangan yang sudah disiapkan agar lebih membantu memberikan penjelasan.
    Bobot Nilai: 3
  • Mencari masukan sejawat guru yang lebih berpengalaman di kelas yang memiliki peserta didik dengan kekhususan serupa.
    Bobot Nilai: 2
  • Menggunakan tayangan yang sudah disiapkan dan bersiap memberikan penjelasan dengan pelan-pelan.
    Jawaban Anda: 1

Soal 5

Situasi: Evaluasi tertulis tidak memungkinkan untuk peserta didik yang sangat aktif bergerak.
Jawaban:

  • Menyusun sebuah metode evaluasi yang dapat mengetahui pemahaman peserta didik meski sambil beraktivitas secara fisik.
    Bobot Nilai: 5
  • Mencari alternatif soal-soal singkat yang tidak membutuhkan waktu penyelesaian yang lama.
    Bobot Nilai: 4
  • Memikirkan kemungkinan instrumen evaluasi yang lebih sesuai dengan karakteristik peserta didik yang sangat aktif bergerak tersebut.
    Bobot Nilai: 3
  • Menanyakan kepada guru lain yang lebih senior mengelola kelas tersebut untuk meminta pendapat.
    Bobot Nilai: 2
  • Menggunakan instrumen evaluasi yang sama untuk semua peserta didik, karena jumlah yang berkebutuhan khusus jauh lebih sedikit.
    Bobot Nilai: 1

 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban ABK 3 : PPG Dalam Jabatan Guru Tertentu"